5 Tanda-Tanda AC Tidak Dingin yang Harus Di-service - Carnaoise.com

Breaking

Senin, Agustus 03, 2020

5 Tanda-Tanda AC Tidak Dingin yang Harus Di-service

Apabila Anda yang memiliki AC di rumah, Anda harus peka dengan tanda-tanda bahwa AC Anda harus diperbaiki. Setidaknya harus Anda panggilkan tukang atau teknisi untuk perawatan rutin. Pasalnya, ada berbagai macam gejala yang menandakan AC tidak dingin yang bisa Anda ketahui. Dengan begitu, AC Anda akan tetap awet dan nyaman saat Anda menggunakannya.

1. Lampu Indikator AC Tidak Menyala

Anda harus curiga dari awal apabila lampu indikator pada AC tidak menyala. Pertama Anda harus mengecek terlebih dahulu pada remote. Apakah baterai pada remote masih bekerja atau tidak?
Apabila baterai remote masih bekerja, berikutnya Anda bisa mengecek pada pengaturan remote. Pastikan sudah pada posisi menyala. Selain itu pastikan juga mengenai letak pengaturan untuk lebih mendinginkan.
AC Tidak Dingin
Apabila Anda tidak bisa menemukan lampu indikator, Anda bisa cek pada saklar belakang AC berada. Jika sudah menyala juga namun AC tidak menyala seperti biasanya, maka Anda bisa cek saklar listrik utama. Pastikan tidak terjadi konsleting listrik yang menyebabkan AC di rumah Anda tidak menyala. Apabila tetap tidak menyala, Anda bisa menjadwalkan tukang atau teknisi untuk datang ke rumah.

2. Keluar Bunyi Aneh dari AC

Tanda berikutnya yang harus Anda waspadai adalah keluarnya bunyi aneh pada AC. AC yang bekerja dengan baik, tidak akan menunjukkan kendala apapun. Termasuk bunyi sekalipun. Apabila Anda menemukan bunyi biasanya itu bunyi saat AC pertama dinyalakan atau suara angin. Namun, apabila Anda mendengarkan bunyi aneh, bersiap-siaplah AC Anda mengalami masalah.

Ada banyak penyebab timbulnya dari suara aneh ini. Misalnya saja adanya mur yang longgar pada bagian dalam mesin AC. Bisa juga ada kecacatan pada bagian blower. Bisa juga disebabkan kipas outdoor yang bengkok. Apabila Anda tidak yakin untuk memperbaikinya sendiri, Anda bisa memanggil tukang atau teknisi AC untuk mengeceknya.

3. Indoor AC berair

Tanda yang paling kentara biasanya Anda akan menemukan indoor berair. Jika dibiarkan terus menerus akan merusak bagian dalam mesin AC yang lainnya. Tidak hanya itu, ruangan Anda pun akan semakin penuh dan basah dengan banyaknya air yang menetes. Hal ini biasanya disebabkan masa pakai atau umur dari mesin AC itu sendiri dan menyebabkan AC tidak dingin.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah mengecek apakah ada ada sesuatu yang menghalangi air keluar dari selang pembuangan AC. Apabila Anda menemukannya, segera singkirkan penghalang tersebut. Namun, apabila Anda melihat tidak ada apa-apa, bisa dipastikan ada kesalahan dari dalam mesin AC. Matikan AC agar air tidak menetes terus menerus dan selanjutnya Anda bisa memanggil teknisi AC.

4. Keluar Angin Biasa

Saat Anda menyalakan AC dan Anda merasakan layaknya menikmati kipas angin biasa, Anda harus curiga. Hal ini bisa terjadi dan ada kemungkinan penyebabnya adalah masalah pada bagian freon AC telah menipis bahkan sudah habis. Apabila freon AC sudah menipis bahkan sudah habis, Anda bisa memanggil tukang atau teknisi AC untuk mengisi ulangnya.

Apabila freon pada AC sudah rusak, Anda harus segera menggantinya. Apabila tidak segera diganti kemungkinan lainnya membuat mesin AC semakin rusak pada bagian lainnya. Tidak hanya itu saja, ruangan tersebut terasa semakin menjadi pengap, lembab, bahkan panas yang juga disertai bau tidak sedap.

5. Tagihan Listrik Membengkak dari Biasanya

Sekalipun tanda ini jarang ada yang terjadi, namun tidak menutup kemungkinan ini bisa saja terjadi. Sekalipun Anda menggunakan kapasitas AC yang kecil. Hal ini bisa saja disebabkan adanya filter AC yang kotor. Bisa juga disebabkan alat yang mengubah atau mendinginkan gas bertekanan tinggi menjadi cairan bertekanan tinggi pada mesin outdoor AC sudah kotor. Kalau sudah begini, segera panggil tukang atau teknisi AC.

Itulah beberapa informasi tanda-tanda AC tidak dingin yang harus Anda perhatikan. Apabila terlalu membahayakan, jangan lupa untuk segera mematikan sumber listrik dan memanggil tukang atau teknisi AC. Dengan begitu, masalah AC tidak membuat masalah serius lainnya.